Pemetaan KI KD RA SK Dirjen Pendis 2762 Tahun 2019

Pemetaan KI KD Raudlatul Athfal (RA) sesuai SK Dirjen Pendis 2762 Tahun 2019 tentang pedoman penyusunan perencanaan pembelajaran pada Raudlatul Athfal (RA).

Pemetaan KI KD pada RA diperlukan guna Penyusunan rencana pembelajaran pada RA (Raudlatul Athfal), yang mana dalam penyusunan tersebut perlu memperhatikan beberapa langkah sebagai berikut:
  • Memahami Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) RA;
  • Memahami KI, KD dan Indikator Pencapaian Perkembangan RA dan hubungan antara ketiganya;
  • Menentukan tema, subtema dan sub-subtema;
  • Menetapkan materi, tujuan pembelajaran dan IPP.

Ketiga langkah tersebut, digunakan guru RA dalam menyusun Program Semester (Prosem), RPPM dan RPPH.

Pemetaan KI KD RA SK Dirjen Pendis 2762 Tahun 2019

Baca Juga: Juknis Penyusunan RPP Raudlatul Athfal (RA)

Hal yang perlu dipahami serta diperhatikan dalam menerapkan langkah-langkah di atas, antara lain:

1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) RA


STPPA merupakan kriteria minimal kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan yang memiliki ciri keislaman serta meliputi aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.

2. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator Pencapaian Perkembangan (IPP) Raudlatul Athfal (RA)


KI merupakan gambaran pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir pembelajaran RA pada usia 6 tahun yang dirumuskan secara terpadu dalam bentuk KI Sikap Spiritual, KI Sikap Sosial, KI Pengetahuan, dan KI Keterarnpilan.

Secara terstruktur kompetensi inti meliputi:
  1. K1, yaitu sikap spiritual yang menggambarkan kecerdasan spiritual sebagai sikap kesadaran mengenal agama yang dianutnya;
  2. K2, yaitu sikap sosial yang menggambarkan kecerdasan sosial-emosional sebagai sikap dan perilaku yang mengenal perasaan diri, orang lain, dan nilai-nilai sosial yang sesuai dengan norma serta budaya yang berlaku;
  3. K3, yaitu pengetahuan yang menggambarkan kecerdasan logika matematika, bahasa, natural, dan seni;
  4. K4, yaitu keterampilan yang menggambarkan kemampuan praktis yang diharapkan dikuasai anak dalam bentuk hasil karya, gagasan, dan motoric Kompetensi Inti sebagai dasar untuk pengembangan KD.

Kompetensi Dasar (KD) merupakan tingkat kemampuan dalam muatan pembelajaran tema pembelajaran, dan pengalaman belajar yang mengacu pada Kompetensi Inti (KI). KD dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan awal anak.

Baca Juga: Contoh RPPM RA Pembelajaran dari Rumah (Daring)

Kompetensi Dasar RA dibagi menjadi 4 kelompok sesuai dengan pengelompokan Kompetensi Inti (KI) sebagai berikut:
  • KD Sikap Spiritual (KD-1) dalam rangka menjabarkan KI- 1 ;
  • KD Sikap So sial (KD-2) dalam rangka menjabarkan KI-2;
  • KD Pengetahuan (KD-3) dalam rangka menjabarkan KI-3;
  • KD Keterampilan (KD-4) dalam rangka menjabarkan KI-4).

KD RA (Rauldatul Athfal) menjadi satu dengan pengembangan PAI. Silahkan unduh pengembangan lingkup pembelajaran PAI pada tingkat Raudlatul Athfal (RA) Disini: Unduh File.

Indikator Pencapaian Perkembangan (IPP) anak RA merupakan tanda perkembangan yang jelas dan terukur untuk memantau atau menilai perkembangan anak pada usia 4 s/d 6 tahun.

Baca Juga: KMA 792 Tahun 2019 Pedoman Implementasi Kurikulum RA

Baca Juga: Contoh Materi dan Penilaian Pembelajaran Online (Daring) RA

Pemetaan KI KD RA SK Dirjen Pendis 2762 Tahun 2019


Pemetaan KI KD RA berfungsi untuk mengetahui alur pengembangan dan tujuan pembelajaran serta lingkup pembelajaran PAI pada Raudaltul Athfal (RA). Pemetaan tersebut untuk dipedomani Guru RA dalam menyusun dan merencanakan proses pembelajaran.

Dengan Pemetaan KI KD RA yang jelas, ruang lingkup pembelajaran juga dapat diketahui serta diarahkan sesuai KI KD yang telah ditetapkan melalui Keputusan Dirjen Pendis Nomor 2762 Tahun 2019 tentang Penyusunan Rencana Pembelajaran.

Pemetaan KI KD RA SK Dirjen Pendis 2762 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Raudlatul Athfal (RA), silahkan unduh disini: Unduh Pemetaan KI KD RA.

Demikianlah informasi tentang Pemetaan KI KD RA SK Dirjen Pendis 2762 Tahun 2019, semoga dapat bermanfaat.
Kami_Madrasah