Contoh RPPM RA PAUD Pembelajaran Dari Rumah (Daring)

RPPM RA Pembelajaran dari rumah (RPPdR) / RPPM daring merupakan RPPM tingkat PAUD yang dibuat oleh Guru Kelas RA karena kebijakan belajar dirumah karna wabah Covid 19, namun bukan berarti guru PAUD RA tidak bisa melaksanakan pembelajaran.

Guru tetap melaksanakan tugasnya dengan menyiapkan administrasi pembelajaran yaitu Rencana Program Pembelajaran di Rumah, atau kita sebut RPPdR (RPP RA Belajar dari Rumah).

Untuk memudahkan orang tua mendampingi anak belajar dirumah, guru dapat mengirimkan cara bermain, alat, bahan, media yang dapat menunjanng kegiatan bermain di rumah melalui video, foto, atau rekaman.

Contoh RPP RA Pembelajaran Dari Rumah (Daring)

RPPdR disusun dengan tetap mengacu pada Prosem dan RPPM yang sedang berjalan. Begitu pula dengan dengan penilaian.

Yang perlu diingat oleh Guru RA adalah membuat kegiatan main yang mudah dilaksanakan oleh orang tua di rumah, baik media, alat, bahan, cara membuat dan cara melaksanakan kegiatan mainnya.


Dibawah ini contoh format RPP Belajar Dirumah (Daring) untuk tingkat RA (Raudltaul Athfal) yang dapat digunakan guru untuk satu minggu dengan kolom sbb:

Baca Juga: Contoh Catatan Anekdot Anak PAUD K13 Terbaru 2021

Format RPPM RA Pembelajaran Dari Rumah (Daring) tersusun dalam beberapa poin berikut:
  • Minggu keberapa yang sedang berjalan
  • Menulis Tema serta Sub Tema dari Prosem
  • Kelas ditulis Kelas A atau Kelas B
  • Alokasi waktu bisa ditulis saat anak bangun tidur sampai anak selesai bermain (seperti waktu belajar disekolah). Atau waktu juga fleksibel berdasarkan kesepakatan dengan orang tua.
  • Kegiatan ditulis sesuai dengan alokasi waktunya
  • Keterangan bisa ditulis tujuan pembelajaran

Contoh RPP RA PAUD Pembelajaran Dari Rumah (BDR/Daring)


Silahkan download contoh format RPPM Belajar dari Rumah (Daring) yang dapat digunakan guru untuk satu minggu melalui tautan berikut ini: Unduh File RPPdR dan Unduh File RPPM.

Untuk keperluan pembelajaran dari rumah (daring) silahkan download juga materi pembelajaran dari rumah (BDR) mata pelajaran PAI dan Karakter, lembar penilaian pembelajaran daring dan contoh jadwal kegiatan disini >> Contoh Materi dan Penilaian Pembelajaran online.


Contoh RPPM RA Pembelajaran Dari Rumah (Daring) disusun Oleh Nova Indriati, SE. M.Si Anggota Tim Pengembang Pembelajaran RA Kemenag RI.

Demikianlah informasi tentang Contoh RPPM RA PAUD Pembelajaran Dari Rumah (Daring), semoga dapat bermanfaat bagi guru RA (Raudlatul Athfal).

1 komentar

This comment has been removed by a blog administrator.