Aplikasi Pemanfaatan Hasil UN Puspendik Tahun 2018

Kami Madrasah - Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud telah merilis Aplikasi Pemanfaatan Hasil UN Tahun 2018. 


Sebagaimana dinyatakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan selanjutnya telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, hasil Ujian Nasional (UN) antara lain dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Hal ini dimungkinkan karena hasil UN dapat digunakan untuk memberikan gambaran peta mutu pendidikan pada tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, dan sekolah. Secara khusus, capaian pada setiap mata pelajaran yang diujikan dalam UN dapat diketahui sehingga perbaikan proses pembelajaran dapat dilakukan secara spesifik berdasarkan analisis cakupan materi dan indikator di tingkat sekolah.

Aplikasi Pemanfaatan Hasil UN Puspendik Tahun 2018

Baca Juga:
Buku “Panduan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 untuk Perbaikan dan Peningkatan Mutu Pendidikan” disusun untuk melengkapi Aplikasi Pemanfaatan Hasil UN. Dengan adanya panduan ini diharapkan hasil UN dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pengambil kebijakan, baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, maupun satuan pendidikan. Terdapat lima bagian pokok dalam buku panduan ini meliputi pendahuluan, manual pengoperasian aplikasi, data hasil UN, pemanfaatan data untuk perbaikan mutu pendidikan, dan penutup. Pada bagian pemanfaatan data untuk perbaikan mutu pendidikan, diuraikan contoh pemanfaatan dan penjelasannya untuk memudahkan pihak-pihak yang memiliki kepentingan dalam menggunakan data hasil UN.

Aplikasi ini merupakan media atau software yang memuat data hasil UN SMP/MTs/SMPT, SMA/MA, dan SMK. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi mengenai statistik, daftar, daya serap, dan grafik hasil nilai UN tahun 2017/2018.

Adapun Spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini terbilang cukup ringan yakni sebagai berikut:
  • Prosesor Pentium IV atau setara
  • 512 MB RAM
  • Sistem operasi minimal Windows XP
  • Kapasitas Harddisk (free space) minimal 5 GB
  • Ukuran layar minimal 12”
Download Aplikasi Pemanfaatan Hasil UN Tahun 2018

Sobat Kami Madrasah berikut adalah Aplikasi Pemanfaatan Hasil UN Tahun 2018 beserta Buku Panduannya yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut ini:

Buku Panduan Aplikasi Pemanfaatan Hasil UN Tahun 2018
Aplikasi Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional Tahun 2018

Untuk Panduan berbentuk Video, Puspendik Kemendikbud juga telah merilir tutorial dalam bentuk Video, untuk itu sobat dapat menyimak serta melihatnya dalam Video berikut ini:


Demikianlah informasi tentang Aplikasi Pemanfaatan Hasil UN Tahun 2018, semoga informasi ini bermanfaat untuk Pendidikan di Indonesia.