Kisi-kisi UAMBD Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun 2019

Madrasah ibtidaiyah (disingkat MI) adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan Sekolah Dasar, yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama. Pendidikan madrasah ibtidaiyah ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Lulusan madrasah ibtidaiyah dapat melanjutkan pendidikan ke madrasah tsanawiyah atau sekolah menengah pertama.

Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah sama dengan kurikulum sekolah dasar, hanya saja pada MI terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan agama Islam. Selain mengajarkan mata pelajaran sebagaimana sekolah dasar, juga ditambah dengan pelajaran-pelajaran seperti:

  • Alquran dan Hadits
  • Aqidah dan Akhlaq
  • Fiqih
  • Sejarah Kebudayaan Islam
  • Bahasa Arab

Di Indonesia, setiap warga negara berusia 7-15 tahun tahun wajib mengikuti pendidikan dasar, yakni sekolah dasar (atau sederajat) 6 tahun dan sekolah menengah pertama (atau sederajat) 3 tahun.


Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Pasal 2 dinyatakan bahwa penilaian pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas; 1) penilaian hasil belajar oleh Pendidik; 2) penilaian hasil belajar oleh Satuan Pendidikan; dan 3) penilaian hasil belajar oleh Pemerintah. Penilaian tersebut berlaku untuk kegiatan intra kurikuler, ko kurikuler atau ekstra kurikuler di sekolah maupun madrasah.
Kisi-kisi UAMBD Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun 2019

Penilaian oleh pemerintah di tingkat MI tidak dilakukan secara langsung dalam bentuk ujian nasional seperti pada tingkat MTs dan MA. Tetapi pemerintah memberi penguatan berupa kisi-kisi dan anchor soal (20%25%) pada pelaksanaan USBN pada mata pelajaran tertentu. Hal tersebut bertujuan agar terjamin kualitas penilaian hasil belajar dalam rangka pencapaian Standar Nasional Pendidikan.

Download Kisi-kisi UAMBD MI Tahun 2019

Sobat Kami Madrasah, berikut adalah kisi-kisi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah Tahun Pelajaran 2019 yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut ini:
Demikianlah informasi tentang Kisi-kisi UAMBD Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2018-2019, semoga bermanfaat untuk Madrasah Hebat Bermartabat. Salam Tangguh Tanpa Mengeluh.