POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020

POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020 ditetapkan melalui Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) Nomor: 246/BAN-SM/SK/2020 pada tanggal 5 Mei 2020 di Jakarta.


POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020 secara resmi dapat digunakan sebagai pedoman pelaksanaan Akreditasi di satuan pendidikan.

Prosedur Operasional Standart (POS) Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020 memuat tentang mekanisme pelaksanaan Akreditasi serta Format Dokumen Akreditasi yang diperlukan.

Baca Juga: Cara Cek Online Hasil Akreditasi Sekolah/Madrasah

Dalam POS Akreditasi Sekolah/Madrasah dicantumkan juga tentang Format dokumen pendukung pelaksanaan Akreditasi seperti; Pakta Integritas Asesor, Berita Acara Pelaksanaan Visitasi, Kartu Kendali Proses Visitasi, Kelengkapan Laporan Visitasi, Pakta Integritas Petugas Validasi dan lain sebagainya.

POS Akreditasi Sekolah Madrasah Terbaru

Sekolah/Madrasah Sasaran Akreditasi Tahun 2020


Pada akreditasi 2020, sekolah/madrasah sasaran harus memenuhi persyaratan mutlak yang ditentukan oleh BAN-S/M agar dapat divisitasi. Oleh karena itu, BAN-S/M Provinsi perlu menentukan kelayakan sekolah/madrasah untuk dapat divisitasi berdasarkan Data Isian Akreditasi (DIA) dalam Sispena-S/M yang telah dilengkapi oleh sekolah/madrasah sasaran.

Penentuan kelayakan dilakukan melalui kegiatan asesmen kecukupan DIA untuk memastikan sekolah/madrasah memenuhi persyaratan administrasi minimal dan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan dalam IASP 2020.

Baca Juga: Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020

Sekolah/madrasah yang akan divisitasi adalah sekolah/madrasah yang berdasarkan asesmen kecukupan DIA dinyatakan telah memenuhi persyaratan mutlak dan memiliki kelengkapan dokumen yang diperlukan.

Selanjutnya BAN-S/M Provinsi akan menetapkan dan menugaskan asesor untuk melakukan visitasi ke sekolah/madrasah sasaran yang sudah memenuhi persyaratan mutlak.

Download POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020


Bagi Bapak/Ibu yang ingin mengunduh POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020, silahkan unduh melalui tautan berikut:

  • POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020 Download
  • Sosialisasi Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020 Download

Demikianlah informasi tentang POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020, semoga dapat memberikan manfaat.
Kami_Madrasah