Instrumen Akreditasi (IASP) Sekolah/Madrasah Tahun 2021

Instrumen Akreditasi (IASP) Sekolah/Madrasah 2020 untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs SMA/MA dan SMK Tahun 2021 secara resmi telah diterbitkan guna dipergunakan dalam proses akreditasi satuan pendidikan dengan menggunakan paradigma baru.

Dalam instrumen akreditasi (IASP) Sekolah/Madrasah 2021, paradigma akreditasi memiliki pembaruhan atau perubahan dalam pelaksanaannya. Instrumen Akreditasi ini baik bagi baik sekolah atau madrasah.

Paradigma tersebut diharapkan mampu memperbaiki serta meningkatkan kualitas akreditasi serta tetap memperhatikan standar nasional pendidikan. Paradigma baru memberi penekanan kepada mutu lulusan, mutu guru dan manajemen sekolah/madrasah.

Mutu lulusan, merupakan hasil dari proses pembelajaran bermutu, guru yang bermutu, serta didukung oleh manajemen yang bagus. Sehingga paradigma Akreditasi dari compliance ke performance; dari rules ke principles.

Akreditasi adalah kegiatan penilaian sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi internal dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah

Sedangkan Visitasi adalah kunjungan ke sekolah yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah melalui pengisian instrumen akreditasi.

Instrumen Akreditasi (IASP) Sekolah/Madrasah Tahun 2021


Instrumen Akreditasi (IASP) Sekolah/Madrasah Tahun 2021 untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs SMA/MA dan SMK mengalami perubahan serta pergeseran paradigma, asumsi utama paradigma IASP (Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan) Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  • Perpindahan dari compliance ke performance, dari rules ke principles dengan tetap mempertimbangkan SNP.
  • Penekanan diberikan kepada mutu lulusan, prosespembelajaran, mutu guru, dan manajemen sekolah.
  • Mutu lulusan merupakan produk dari proses pembelajaran, guru, yang didukung oleh manajemen yang efektif dan efisien.

Indikator Compliance dibagi kedalam 2 jenis, dua jenis tersebut adalah sebagai berikut::

  • Indikator Compliance Mutlak (ICM): Indikator ini mutlak harus dipenuhi oleh Sekolah/Madrasah sebelum dilakukan proses audit DIA. Sekolah/Madrasah yang berdasarkan data tidak memenuhi Indikator Compliance Mutlak/ICM, maka tidak menjadi sasaran akreditasi. Harapannya, sekolah yang telah memenuhi Indikator Compliance Mutlak/ICM, setelah divisitasi oleh asesor tidak menghasilkan kriteria TT (Tidak Terakreditasi), meskipun masih mungkin saja terjadi.
  • Indikator Compliance Relatif (ICR): Indikator ini menjadi bagian dari sistim skoring seperti indikator performance, tetapi didasarkan data sekunder. Skor Indikator Compliance Relatif (ICR) akan berkontribusi terhadap skor akhir dalam penentuan hasil akreditasi Sekolah/Madrasah. Skoring Indikator Compliance Relatif (ICR) dilakukan secara sistem berdasarkan data sekunder/dokumen.

Download Instrumen Akreditasi (IASP) Sekolah/Madrasah Tahun 2021


Berikut merupakan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Sekolah/Madrasah Tahun 2021 yang dapat diunduh dan dipelajari sebagai langkah persiapan bagi Sekolah/Madrasah yang akan melaksanakan visitasi pada tahun 2021. Silahkan unduh melalui tautan-tautan berikut ini:

  • Instrumen Akreditasi (IASP) SD/MI Tahun 2021 Download
  • Instrumen Akreditasi (IASP) SMP/MTs Tahun 2021 Download
  • Instrumen Akreditasi (IASP) SMA/MA Tahun 2021 Download
  • Instrumen Akreditasi (IASP) SMK Tahun 2021 Download

Download Presentasi Instrumen Akreditasi (IASP) Sekolah/Madrasah Tahun 2021 pada link unduh dibawah ini:

  • Presentasi IASP Tahun 2021 Download
  • Presentasi Paradigma Baru IASP Tahun 2021 Download

Demikianlah informasi tentang Instrumen Akreditasi (IASP) Sekolah/Madrasah Tahun 2021, semoga dapat bermanfaat.

4 komentar

minta instrumen yg jadi acuan untuk akreditasi SD 2020