Juknis TPG Madrasah Tahun 2020

Juknis penyaluran Tunjangan Profesi Guru (TPG) Madrasah tahun 2020 ditetapkan oleh Dirjen Pendis Kemenag RI melalui Petunjuk Teknis Penyaluran TPG Madrasah Tahun 2020 yang ditandatangani pada 31 Desember 2019 di Jakarta.

Dalam Juknis TPG Madrasah Tahun 2020 diatur tentang Kriteria Penerima TPG Madrasah Tahun 2020, Ketentuan Penerima TPG Madrasah Tahun 2020, Pembayaran TPG Madrasah dan lain sebagainya.


Baca Juga: Persyaratan Guru Kelas dan Guru Mapel RA MI MTs MA Tahun 2020

TPG Madrasah Tahun 2020 diberikan kepada guru madrasah yang memenuhi kriteria-kriteria yang ditetapkan. Guru merupakan tenaga profesional yang bekerja untuk mewujudkan proses pembelajaran yang profesional.

Baca Juga: Beban Kerja dan Ekuivalensi Guru Madrasah Sesuai KMA 890 Tahun 2019

Penerima TPG Madrasah Tahun 2020 merupakan guru yang memiliki sertifikat pendidik, Nomor Regsitrasi Guru (NRG), memenuhi beban kerja yang telah ditetapkan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Juknis TPG Madrasah Tahun 2020

Kriteria Penerima TPG Madrasah Tahun 2020 diatas berlaku bagi Guru madrasah berstatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun juga Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil (GBPNS).

Kriteria TPG Madrasah Tahun 2020 Dapat Dibayarkan


Tunjangan Profesi Guru Madrasah Tahun 2020 dapat dibayarkan apabila;
  1. Guru yang sakit selama 14 (empat belas hari) dibuktikan dengan Surat Keterangan Sakit dari Dokter/Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah;
  2. Guru yang melaksanakan Cuti Bersalin (Untuk anak pertama sampai dengan anak ketiga);
  3. Guru yang melaksanakan Cuti besar untuk pergi Haji dan/atau Umroh;
  4. Guru yang mengikuti tugas kependidikan yang linier dengan tugas keprofesian pendidiknya seperti seminar, Workshop dan Bimtek dengan melampirkan surat keterangan dari Kepala Madrasah dan dilampiri Surat undangan, Foto dan atau sertifikat;
  5. Guru yang melaksanakan tugas kedinasan sebagai petugas haji, dibuktikan dengan surat keterangan dari atasan langsung atau pejabat terkait;
  6. Guru yang melaksanakan studi perkuliahan (cuti belajar) menggunakan biaya mandiri dengan tetap melaksanakan tugas keprofesiannya sebagai guru.

Kriteria TPG Madrasah Tahun 2020 Tidak Dapat Dibayarkan


Tunjangan Profesi Guru Madrasah Tahun 2020 tidak dapat dibayarkan apabila;
  1. Guru yang tidak hadir kumulatif 3 (tiga) hari dalam bulan berjalan tanpa keterangan yang sah;
  2. Guru yang melaksanakan cuti besar melahirkan untuk anak ke-4 (empat) dan seterusnya;
  3. Guru yang melaksanakan cuti sakit lebih dari 14 (empat belas) hari;
  4. Guru yang melaksanakan Cuti diluar tanggungan negara;
  5. Guru melaskanakan Ibadah Haji/Umroh dengan biaya sendiri dan tanpa menggunakan hak cuti (Cuti besar).
  6. Guru yang melaksanakan perkuliahan (tugas belajar) dengan biaya dari pemerintah/pemerintah daerah/sponsor pada bulan ketujuh sejak perkuliahan dimulai. Dibayarkan kembali pada bulan ketujuh sejak kembali melaksanakan tugas aktif.

SE Optimalisasi Pencairan TPG Madrasah Tahun 2020


Melalui Surat Edaran (SE) Nomor B-1295.I/DJ.I/KU.01/07/2020 yang ditanda tangani di Jakarta pada tanggal 14 Juli 2020 tentang Optimalisasi Pencairan TPG Madrasah Tahun 2020, Ditjen Pendis Kemenag mengumumkan 4 poin guna optimalisasi pencairan TPG Madrasah Tahun Aggaran 2020.

Didalam 4 Poin tersebut, ada beberapa catatan penting terkait TPG Madrasah Tahun 2020, yakni; (1) Bahwa kelayakan penerima TPG Madrasah berbasis Simpatika Kemenag perbulan juli 2020, serta (2) TPG Madrasah tahun 2020 dicairkan tiap bulan.

Hal tersebut berkenaan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menggerakkan roda perekonomian pada masa darurat Covid19, yang mana semua akibat Covid19 ini, semua aspek kehidupan terdampak, termasuk kepada dunia pendidikan.

Selengkapanya, terkait 4 poin isi SE Ditjen Pendis Kemenag tentang Optimalisasi Pencairan TPG Madrasah Tahun 2020 dapat Bapak/Ibu lihat dalam infografis berikut:
Juknis TPG Madrasah Tahun 2020
Sumber: Instagram @Kamimadrasah
Silahkan unduh SE Ditjen Pendis Kemenag tentang Optimalisasi Pencairan TPG Madrasah Tahun 2020 melalui tautan berikut ini: UNDUH FILE.

Download Juknis TPG Madrasah Tahun 2020


Bapak/Ibu Guru berikut adalah Juknis TPG Madrasah Tahun 2020 yang dapat diunduh melalui tautan berikut ini: Download Juknis TPG Madrasah Tahun 2020.

Unduh juga Juknis TPG Madrasah Tahun 2021 disini: Juknis TPG Madrasah Terbaru 2021.

Dengan adanya Juknis TPG Madrasah Tahun 2020 ini, diharapkan dpat dijadikan pedoman pelaksanakan penyaluran tunjangan profesi guru madrasah tahun 2020 oleh stakeholder terkait.

Demikian informasi tentang Juknis TPG Madrasah Tahun 2020, semoga dapat bermanfaat.
Kami_Madrasah