Mengatasi Peringkat TT (Tidak Terakreditasi) isian DIA Sispena

Kami Madrasah - Sispena BAN-S/M merupakan Sistem Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Sekolah/Madrasah yang menjadi sasaran Akreditasi diharuskan mengisi DIA (Data Isian Akreditasi) sebelum Visitasi dilaksanakan.

DIA (Data Isian Akreditasi) terdiri dari beberapa ceklist isian pertanyaan seputar kondisi Sekolah/Madrasah dari 8 Standar Nasional Pendidikan. Hasil isian DIA menjadi acuan asesor dalam melaksanakan Visitasi ke Sekolah/Madrasah, namun penilaian yang menjadi hasil akreditasi tidak ditentukan dari hasil pengisian DIA, namun tetap dari hasil visitasi yang dilakukan oleh asesor ke Sekolah/Madrasah. Sehingga pelaksanaan Visitasi merupakan kegiatan konfirmasi oleh asesor atas data yang telah diisikan di DIA.

Baca Juga: Panduan Sispena Sekolah/Madrasah Tahun 2019

Dalam pengisian DIA (Data Isian Akreditasi) ada beberapa jenis peringkat yang muncul yang mengacu pada nilai hasil pengisian DIA. Adapun peringkat-peringkat tersebut adalah sebagai berikut:

Peringkat TT (Tidak Terakreditasi) isian DIA Sispena

Kriteria Lulus Akreditasi


Agar Sekolah/Madrasah mendapatkan predikat lulus akreditasi pada Penilaian Data Isian Akreditasi (DIA) di Sispena Tahun 2019 dan tidak muncul warna merah, Sekolah/Madrasah tidak boleh mendapatlan nilai-nilai sebagai berikut:

  1. Nilai akhir kurang dari 71;  
  2. Nilai standar sarana dan prasarana kurang dari 61; dan  
  3. Salah satu standar nilainya kurang dari 50.  

Penyebab Peringkat TT Hasil Pengisian DIA

Peringkat TT (Tidak Terakreditasi) isian DIA Sispena 2019

Mungkin dari beberapa Sekolah/Madrasah setelah mengisi DIA, peringkat Akreditasi muncul TT atau Tidak Terakreditasi, hal tersebut terjadi karena Nilai salah satu standar dari 8 Standar Pendidikan adalah dibawah 50. dan Nilai untuk Standar Sarana Prasarana adalah 61. Karena nilai untuk tiap standar tidak boleh kurang dari 50 dan Nilai Standar Sarana Prasarana Tidak boleh kurang dari 61.

Baca Juga: Mengatasi Error Tarik Data Siswa Emis Ke Sispena Tahun 2019

Oleh karenanya, untuk mengatasi Peringkat akreditasi TT atau Tidak Terakreditasi, Sekolah/Madrasah harus mengedit Data Isian Akreditasi (DIA) dan menaikkan Nilai semua Standar Pendidikan (8 Standar) diatas 50 dan khusus untuk Standar Sarana Prasarana adalah lebih dari 60.

Demikianlah informasi tentang Mengatasi Peringkat TT (Tidak Terakreditasi) isian DIA Sispena 2019, semoga bermanfaat!
Kami_Madrasah