Cara Melihat Hasil UN Sekolah/Madrasah

Kami Madrasah - Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud telah menyediakan website untuk melihat hasil UN dalam 4 Tahun terakhir tiap satuan pendidikan, Kabupaten/Kota dan Provinsi yang sangat mudah diakses dengan tanpa harus login terlebih dahulu.

Ujian Nasional bukan merupakan penentu kelulusan peserta didik, namun Ujian Nasional dipergunakan Pemerintah sebagai alat pemetaan mutu pendidikan. Sehingga dengan adanya pelaksanaan UN, Pemerintah dan satuan pendidikan yakni sekolah/madrasah memiliki indikator dalam menentukan mutu pendidikannya.

Baca Juga: Cara Cetak Nilai Kolektif USBN-BK Tahun 2019

Indikator tersebut dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk menyusun perencanaan dan alat evaluasi bagi keberlangsungan proses pembelajaran kedepan. Oleh karenanya, Ujian Nasional menjadi penting untuk dilaksanakan dengan transparan serta apa adanya sehingga dapat diketahui salah satu indikator pencapain peserta didik selama menempuh pendidikan pada satuan pendidikan.

Cara Melihat Hasil UN Sekolah/Madrasah

Nah, berikut akan kami uraikan Cara Melihat Hasil Ujian Nasional Sekolah/Madrasah selama 3 tahun terakhir. langsung saja untuk melihat hasil Ujian Nasional / UN Sekolah/Madrasah ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Melihat Hasil UN SMP/MTs MA/SMA MAK/SMK


1. Buka laman Website atau klik url berikut https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/
2. Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:
  • Pilih Tahun Ajaran yang ingin dilihat Hasil UN-nya
  • Klik jenjang Sekolah/Madrasah
  • Pilih Provinsi
  • Pilih/Centang Jenis Satuan Pendidikan
  • Pilih Kabupaten/Kota
  • Pilih/Centang Status Satuan Pendidikan
Cara Melihat Hasil UN Sekolah/Madrasah
Langkah 1
Sampai disini sobat dapat memilih ingin melihat hasil UN dalam aspek apa, tersedia beberapa aspek yang dapat dipilih yakni Capaian, Daya Serap, Statistik, Grafik dan Tren. Untuk Melihat aspek-aspek tersebut sobat tinggal klik salah satunya, lihat gambar berikut:
Cara Melihat Hasil UN Sekolah/Madrasah
Langkah 2
3. Unduh / Cetak

Untuk mengunduh (Save as) atau mencetak secara langsung Hasil UN pada satuan pendidikan sobat klik tombol Cetak/Unduh seperti pada gambar berikut:
Cara Melihat Hasil UN Sekolah/Madrasah
Langkah 3
Demikianlah sobat, informasi tentang Cara Melihat Hasil UN Sekolah/Madrasah, semoga ada guna dan manfaatnya. Salam Tangguh Tanpa Mengeluh.
Kami_Madrasah