Soal PAS Fikih MI Semester 1 (KMA 183) Terbaru

Soal PAS Fikih Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester 1 sesuai KMA 183 Terbaru memuat soal-soal Penilaian Akhir Semester (PAS) yang bersumber dari materi-materi Buku Fikih MI KMA 183 Terbaru.

Penilaian dilaksanakan untuk mengukur keberhasilan sebuah pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan. Hasil dari sebuah penilaian akan menjadi salah satu indikator tindak lanjut proses pembelajaran selanjutnya, sehingga akan berdampak pada pengembangan serta peningkatan kualitas pembelajaran.

Soal PAS Fikih MI Semester 1 (KMA 183) Tahun 2023 berikut memuat soal-soal berbentuk pilihan ganda (multiple choice), isian singkat, dan uraian (essay) yang dapat digunakan oleh guru pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah sebagai salah satu instrumen penilaian hasil belajar selama satu semester.

Butir Soal PAS Fikih MI Semester 1 terbaru 2023 berikut memiliki jumlah butir soal yang berbeda-beda antara kelas 1 hingga kelas 6, dimana jumlah butir soal disesuaikan dengan bobot dan tingkat kelas.


Soal PAS Fikih MI Semester 1 (KMA 183) 2023

Soal Fikih MI dalam artikel ini, juga telah menyesuaikan terhadap Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator Pencapaian yang telah ditetapkan melalui KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah yang mulai diterapkan.

Rincian jumlah butir soal Penilaian Fikih MI Semester 1 adalah sebagai berikut:

  • Kelas 1 MI terdiri dari 10 soal pilihan ganda, 10 isian singkat, dan 10 soal uraian.
  • Kelas 2 MI terdiri dari 10 soal pilihan ganda, 10 soal menjodohkan, dan 10 soal essay.
  • Kelas 3 MI terdiri dari 25 soal pilihan ganda dan 5 essay.
  • Kelas 4, 5 dan 6 MI terdiri dari 30 soal pilihan ganda dan 5 essay.

Guru Fikih pada jenjang MI dapat mengembangkan kembali soal-soal UAS/PAS Fikih MI Semester 1 (KMA 183) Tahun 2023 sesuai dengan pencapaian materi ditiap madrasah masing-masing, sehingga materi soal UAS/PAS Fikih yang diberikan sesuai dengan pencapaian materi yang telah diberikan kepada siswa.

Bentuk Penilaian Akhir Semester (PAS) Fikih MI tidak hanya berpaku pada pemberian soal-soal, namun guru juga dapat memberikan penilaian menggunakan instrument lain misalnya; praktek, tugas individu, tugas kelompok, dan lain sebagainya.

Download Soal PAS Fikih MI Semester 1 (KMA 183) Terbaru


Bagi Bapak/Ibu Guru Madrasah Ibtidaiyah dapat mengunduh soal ujian akhir semester (UAS) atau Penilaian Akhir Semester (PAS) Fikih MI Semester 1 (KMA 183) Terbaru dengan format word melalui tautan berikut ini:

  • Soal PAS Fikih Kelas 1 Semester 1 MI (KMA 183) Unduh
  • Soal PAS Fikih Kelas 2 Semester 1 MI (KMA 183) Unduh
  • Soal PAS Fikih Kelas 3 Semester 1 MI (KMA 183) Unduh
  • Soal PAS Fikih Kelas 4 Semester 1 MI (KMA 183) Unduh
  • Soal PAS Fikih Kelas 5 Semester 1 MI (KMA 183) Unduh
  • Soal PAS Fikih Kelas 6 Semester 1 MI (KMA 183) Unduh

Selain soal PAS Fikih Semester 1 tingkat MI (Madrasah Ibtidaiyah) diatas, silahkan Bapak/Ibu juga dapat mengunduh soal-soal PAS tingkat MI lainnya melalui tautan berikut ini:

Demikianlah informasi tentang Soal PAS Fikih MI Semester 1 (KMA 183) Tahun 2023, semoga dapat memberikan manfaat kepada Bapak/Ibu semua.

2 komentar

terimakasih,,, sangat membantu sekali

Kalau ada soal ujian PAS bahasa Arab kelas 6 da Qur'an hadits format word bukan pdf agar bisa di edit dan di sesuaikan