Cara Pengisian Aplikasi Siap Belajar Kemenag (Kesiapan PTM Terbatas)

Aplikasi Siap Belajar Kemenag merupakan aplikasi yang digunakan untuk memperoleh informasi terkait persiapan madrasah dalam melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui siapbelajar.kemenag.go.id.

Persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas Tahun Pelajaran 2021/2022 dimulai dengan melakukan validasi kesiapan madrasah dalam menyelenggarakan PTM Terbatas melalui aplikasi siap belajar kemenag untuk memperoleh informasi terkait persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.


Cara Pengisian Aplikasi Siap Belajar Kemenag

Daftar Isian PTM Terbatas dilaman siapbelajar.kemenag.go.id ini terdiri dari 3 Daftar Isian:1) Daftar isian kesiapan madrasah; 2) Daftar isian kesiapan guru; 3) Daftar isian peserta didik (yang dapat diisi orang tua/wali peserta didik).

Baca Juga: Pedoman PTM Terbatas RA, MI, MTs, dan MA/MAK TP. 2021/2022

Dengan adanya 3 isian Melalui Aplikasi Siap Belajar Kemenag ini akan dapat diketahui kesiapan baik dari madrasah, guru dan tenaga kependidikan, dan dari peserta didik/orangtua/wali peserta didik dalam melaksanakan PTM terbatas.

Baca Juga:

Seluruh satuan pendidikan madrasah mulai dari jenjang RA, MI, MTs, dan MA/MAK diwajibkan untuk mengisi isian kesiapan madrasah dalam menyelenggarakan PTM terbatas melalui laman siap belajar kemenag mulai 30 Agustus 2021.

SE Dirjen Pendis Terkait Aplikasi Siap Belajar Kemenag (Kesiapan PTM Terbatas)


Pengisian aplikasi siap belajar kemenag oleh admin madrasah, guru, dan peserta didik/orangtua berdasarkan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag Nomor B-2733.1/DJ.I/PP.00/.00.11/08/2021 tertanggal 30 Agustus 2021, silahkan unduh SE Dirjen Pendis Tentang PTM Terbatas Madrasah disini: Unduh File.

Dalam SE Dirjen Pendis terkait Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas saat PPKM dimasa pandemi Covid-19 tersebut dijelaskan bahwa pemberian rekomendasi kesiapan PTM terbatas oleh Kantor Kemenag Kab/Kota didasarkan isian kesiapan oleh Kamad, GTK, dan siswa RA dan Madrasah (dapat diisi oleh orang tua/wali) melalui aplikasi siap belajar kemenag yang beralamatkan di https://siapbelajar.kemenag.go.id

Cara Pengisian Aplikasi Siap Belajar Kemenag Oleh Admin Madrasah


Pengisian Aplikasi Siap Belajar Kemenag Oleh Admin Madrasah dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Login ke Aplikasi Siap Belajar Kemenag di https://siapbelajar.kemenag.go.id/
  • Kemudian klik tombol Login Emis Berwarna Biru
  • Selanjutnya Admin Madrasah akan diarahkan kedalam halam login, lalu masukkan Username dan Password yang sama dengan saat login Emis 4.0
  • Pada Halaman beranda, klik Tombol Hijau “Buka Daftar Isian Kesiapan Madrasah” untuk mulai mengisi daftar isian kesiapan madrasah dalam melaksanakan PTM terbatas.

Catatan: Pada halam beranda aplikasi Siap Belajar Madrasah ini juga terdapat 2 jenis url, link/url sebelah kiri untuk dibagikan kepada peserta didik agar dapat mengisi Kesiapan Madrasah pada Aplikasi Siap Belajar Kemenag, Lalu link/url sebelah kiri untuk dibagikan kepada guru.

Untuk tutorial Pengisian Aplikasi Siap Belajar Kemenag oleh Admin Madrasah lengkap dengan gambar, silahkan unduh panduannya disini: Unduh File.

Cara Pengisian Aplikasi Siap Belajar Kemenag Oleh Guru Dan Tenaga Kependidikan


Selanjutnya untuk Pengisian Aplikasi Siap Belajar Kemenag Oleh Guru Dan Tenaga Kependidikan silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik link isian yang aplikasi Siap Belajar Kemenag yang diberikan oleh admin madrasah dengan format link sebagai berikut: https://siapbelajar.kemenag.go.id/#/SurveiPendidik/ nomorNSMmadrasah (nomor NSM tiap Madrasah berbeda).
  • Kemudian isikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kemudian Klik “Mulai” dan silahkan isi pertanyaan yang muncul hingga selesai.

Untuk tutorial Pengisian Aplikasi Siap Belajar Kemenag oleh Guru dan Tenaga Kependidikan lengkap dengan gambar, silahkan unduh panduannya disini: Unduh File.

Cara Pengisian Aplikasi Siap Belajar Kemenag Oleh Peserta Didik/Orangtua/Wali


Aplikasi Siap Belajar Kemenag juga diisi oleh Peserta Didik namun dapat diisikan oleh Orangtua atau wali siswa. Untuk dapat mengisi kesiapan PTM terbatas melalui Siap Belajar Kemenag, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik link isian yang aplikasi Siap Belajar Kemenag yang diberikan oleh admin madrasah dengan format link sebagai berikut: https://siapbelajar.kemenag.go.id/#/SurveiPesertaDidik/nomorNSMmadrasah (NSM tiap Madrasah Berbeda) atau link yang diberikan oleh Madrasah.
  • Kemudian isikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) kemudian Klik “Mulai” dan silahkan isi pertanyaan yang muncul hingga selesai.

Untuk tutorial Pengisian Aplikasi Siap Belajar Kemenag Peserta didik/orangtua/wali siswa lengkap dengan gambar, silahkan unduh panduannya disini: Unduh File.

Demikianlah informasi tentang Cara Pengisian Aplikasi Siap Belajar Kemenag (Kesiapan PTM Terbatas), semoga dapat membantu dan memberikan manfaat.

6 komentar

Ada gk contoh surat kesepakatan??

Ada pak (contoh versi kamimadrasah), silahkan unduh, artikel sudah diperbaharui.

Kesiapan Satuan pendidikan dalam menerapkan area wajib masker kain atau masker tembus pandang bagi yang memiliki peserta didik disabilitas rungu;

ini apakah semacam surat pernyataan selaku bukti atau gimana mas?

Terima kasih banyak atas contoh format yang sidah di berikan ..

minta format daftar layanan kesehatan