Surat Tugas Pengawas Asesmen Nasional (AKM) Tahun 2022

Surat Tugas Pengawas Asesmen Nasional (ANBK) Tahun 2022 dipergunakan sebagai dokumen pendukung bagi guru yang diberi tugas melaksanakan tugas kepengawasan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2022.


Pengawas Asesmen Nasional bertugas mengawasi proses berjalannya kegiatan asesmen nasional sebagai pengganti Ujian Nasional untuk pemetaan mutu pendidikan secara nasional.

Dalam pelaksanaannya, Asesmen Nasional tidak berbeda jauh dengan UNBK, perbedaan hanya terletak pada pesertanya. Dimana jika Ujian Nasional diikuti oleh setiap siswa pada jenjang akhir, berbeda halnya dengan asesmen nasional (AN) yang diikuti oleh siswa pada 1 tingkat sebelum akhir.

Surat Tugas Pengawas Asesmen Nasional/AKM

Pengawas Asesmen Nasional 2021 harus memiliki kejujuran dan kredibilitas dalam melaksanakan tugas kepengawasannya, sehingga pelaksanaan Asesmen dalam berjalan dengan jujur dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Kriteria Pengawas Asesmen Nasional Tahun 2022


Secara ideal, pengawas Asesmen Nasional Tahun 2022 adalah guru dengan kriteria dan persyaratan sebagai berikut:
  • Pengawas Asesmen/AKM harus memiliki sikap disiplin, jujur, bertanggung jawab, teliti, dan memegang teguh kerahasiaan;
  • Dalam keadaan sehat dan sanggup mengawasi AN dengan baik;
  • Bukan guru mata pelajaran yang sedang diujikan;

Penetapan Pengawas Asesmen Nasional (AN) Tahun 2022


Dalam penetapan Pengawas Ruang Asesmen Nasional (AKM) Tahun 2022 yang ditetapkan melalui Surat Tugas Pengawas dapat mengacu pada poin-poin berikut sebagai pertimbangan:
  • Satuan Pendidikan pelaksana Asesmen Nasional mengirimkan usulan calon pengawas ke Panitia Asesmen Nasioanl atau AKM Tingkat Provinsi atau Kabupaten/Kota.
  • Panitia Asesmen Nasional/AKM Tingkat Provinsi atau Kab/Kota sesuai dengan kewenangannya menetapkan pengawas ruang ujian Asesmen Nasional/AKM Tahun 2022.
  • Penempatan pengawas ditentukan dengan sistem silang (pengawas tidak mengawas peserta didiknya sendiri atau tidak mengawasi pelaksanaan Asesmen Nasional/AKM di Sekolah tempatnya bertugas).

Download Surat Tugas Pengawas Asesmen Nasional/AKM Tahun 2022


Berikut adalah contoh format Surat Tugas Pengawas Asesmen Nasional (AKM) Tahun 2022 yang melaksanakan tugas pengawasan silang antar Sekolah/Madrasah, format tersebut dapat Bapak/Ibu unduh melalui tautan berikut ini: Download File.

Demikianlah informasi tentang Surat Tugas Pengawas Asesmen Nasional (AKM) Tahun 2022, semoga dapat membawa manfaat! Prestasi Penting, Jujur yang Utama.
Kami_Madrasah