Panduan Pelaksanaan USBN-BK Madrasah 2019

Kami Madrasah - Sobat Proktor Madrasah, USBN-BK Madrasah adalah model ujian USBN perdana dengan menggunakan sarana komputer yang dilakukan oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Jika tahun-tahunsebelumnya, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) selalu dilaksanakan dengan menggunakan sarana kertas, maka untuk Tahun ini menggunakan Komputer.

Panduan Pelaksanaan USBN-BK Madrasah 2019

Pada Dasarnya, USBN-BK Madrasah sama dengan UAMBN-BK. Kesamaan tersebut mulai dari pola system yang dipakai dan pelaksanaannya yakni menggunakan VDI atau Virtual Disk Image. VDI adalah Virtual Format drive yang digunakan oleh Oracle VM VirtualBox, program virtualisasi desktop open-source, dapat dipasang sebagai harddisk pada Mac, Windows, dan platform Unix, memungkinkan pengguna untuk menjalankan program yang ditulis untuk sistem operasi yang berbeda dalam lingkungan virtual kecepatan tinggi.


Berbeda halnya dengan pelaksanaannya yang menggunakan VHD atau Virtual Hard DiskVHD merupakan file gambar Harddisk yang digunakan oleh Microsoft Windows Virtual PC, menyimpan data dalam file tunggal yang bertindak sebagai harddisk individu. VHD dapat digunakan untuk menginstal beberapa sistem operasi pada satu komputer, program perangkat lunak uji coba, atau menjalankan aplikasi yang lebih tua.


Perbedaan UNBK dan UAMBN-BK/USBN-BK yang menggunakan VHD dan VDI yakni jika VHD kompatibel dengan Microsoft Virtual PC karena VHD adalah format nativenya, sedangkan VDI hanya support untuk VirtualBox.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh proktor madrasah terkait teknis pelaksanaan USBN-BK Madrasah Tahun 2019:
  1. Settingan Jaringan sama dengan UAMBNBK
  2. Akses Klien dan Admin menggunakan SistarBrowser yang sama digunakan UAMBN-BK
  3. IP Address VDI USBN : 192.168.0.101
  4. Pengiriman hasil USBN ke Pusat dengan mengirim file hasil backup ke pusat.

Download VDI USBN-BK Madrasah Tahun 2019

Sobat Proktor Madrasah, berikut adalah link mirror untuk mengunduh VDI USBN-BK yang kami copy dari sumber resminya. Untuk mengunduh VDI sobat dapat mengunduh melalui tautan berikut:

  1. Google Drive 1: http://bit.ly/USBN2019-GD 
  2. Google Drive 2: http://bit.ly/USBN2019-DB
  3. Mega : http://bit.ly/USBN2019-ME
  4. Mediafire : http://bit.ly/USBN2019-MF

Download Panduan USBN-BK Madrasah Tahun 2019

Untuk dapat memahami proses pemakaian Aplikasi USBN-BK, unduh dan pahami beberapa panduan berikut, silahkan unduh dengan klik tautan-tautan berikut:
  1. Surat Pengantar USBN-BK
  2. Intro USBN-BK
  3. Panduan Proktor Madrasah
  4. Panduan Guru
Demikianlah informasi tentang Panduan Pelaksanaan USBN-BK Madrasah 2019, semoga dapat membantu dan memberikan manfaat! Madrasah Bisa!

1 komentar

mau tanya, saya sudah backup aplikasi USBN setelah USBN selesai. nha, bagaimana cara nya memback up data USBN memakai backupan hasil download nya itu?

VDI USBN saya sudha terhapus, dan saya butuh data USBN saat ini.