Buku Panduan Pembelajaran PJOK dan Matematika K13 SD/MI

Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan Matematika dalam Kurikulum Tahun 2013 untuk tingkat SD/MI pada perkembangannya, untuk kelas tinggi (IV, V, dan VI) dipisahkan dari Buku Tematik Terpadu. Pemisahan tersebut dikarenakan perubahan muatan pelajaran matematika serasa dangkal sehingga siswa tidak mendapatkan konsep matematika secara mendalam dan PJOK memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain.

Buku Panduan Pembelajaran PJOK dan Matematika K13 SD/MI

Objek kajian PJOK berupa gerak, pembelajaran PJOK banyak dilakukan melalui observasi, mencontoh/menirukan, melatihkan secara berulang. Berdasarkan beberapa alasan tersebut, maka Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bersama Pusat Kurikulum Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyusun Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dan PJOK.

Panduan ini sebagai acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran Matematika dan PJOK serta dapat membantu dalam memecahkan beberapa permasalahan dalam pembelajaran.

Baca Juga: Ekuivalensi Tugas Tambahan Guru dalam PP No 19 Tahun 2017 tentang Guru

Tujuan Buku Panduan Pembelajaran PJOK dan Matematika


Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK ini bertujuan untuk;
  • Membantu guru dalam mengatur alokasi waktu Matematika dan PJOK dalam pembelajaran agar sesuai dengan struktur kurikulum;
  • Membantu guru dalam merancang pembelajaran Matematika dan PJOK yang terpisah dari Tematik Terpadu agar tetap bermakna;
  • Membantu guru dalam proses pembelajaran Matematika dan PJOK yang terpisah dari Tematik Terpadu agar berpusat pada siswa, kontekstual, dan bermakna.
  • Membantu kepala sekolah, pengawas dan pihak lain yang terkait dalam mendukung proses pembelajaran Matematika dan PJOK yang terpisah dari Tematik Terpadu agar berpusat pada siswa, kontekstual, dan bermakna.

Sasaran Panduan Pembelajaran PJOK dan Matematika


Buku Panduan ini disusun agar proses pembelajaran di sekolah dasar dapat berjalan sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, sasaran pengguna buku ini adalah unsur-unsur yang terlibat pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Sasarannya adalah;
  • Guru kelas yang mengampu pembelajaran di kelas tinggi (kelas IV, V, dan VI);
  • Guru PJOK
  • Kepala Sekolah Dasar;
  • Pengawas Sekolah Dasar
  • Dinas Pendidikan.

Buku Panduan Pembelajaran PJOK dan Matematika SD/MI K13


Bapak/Ibu berikut adalah Buku Panduan Pembelajaran PJOK dan Matematika SD/MI K13 yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut ini: Download Buku Panduan Pembelajaran PJOK dan Matematika SD/MI K13.

Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dan PJOK merupakan acuan bagi guru kelas dan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas tinggi (IV, V, dan VI), guru dapat mengembangkan model dan pendekatan pembelajaran sesuai kebutuhan, karakteristik, dan materi yang akan diajarkan kepada siswa.

Demikian informasi tentang Buku Panduan Pembelajaran PJOK dan Matematika SD/MI K13, semoga ada manfaatnya untuk sobat Madrasah Ibtidaiyah
Kami_Madrasah