Soal UTS PTS Kelas 1 Semester 2 Revisi Terbaru

Soal UTS PTS Kelas 1 Semester 2 Tematik K13 SD/MI Terbaru dipergunakan untuk melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ujian Tengah Semester (UTS) genap.

Penilaian Tengah Semester (UTS/PTS) dilaksanakan ditiap tengah semester atau 2 (dua) kali setiap tahunnya. Pada artikel ini akan kami bagikan contoh soal UTS/PTS kelas 1 semester 2 tematik terbaru yang dapat dipergunakan oleh guru kelas 1 pada jenjang SD/MI.

Penilaian merupakan aktivitas pengukuran ketercapaian Kompetensi Dasar (KD) dan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Penilaian menjadi salah satu standar nasional pendidikan yang harus dilaksanakan oleh sekolah/madrasah.

Dengan penilaian akan diketahui tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik sehingga dapat ditempuh langkah-langkah lanjutan dari hasil penilaian yang dilaksanakan secara terukur dan terencana.

Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) mengacu pada materi tematik kurikulum 2013 (K13) pada semester 2 (genap) di Kelas 1 SD/MI.


Soal UTS/PTS Kelas 1 Semester 2 K13 Terbaru 2024

Penilaian Tengah Semester (PTS) merupakan kegiatan pengukuran pencapaian pembelajaran siswa selama setengah semester 2 pada tahun berjalan. PTS atau juga biasa disebut UTS tersebut dapat berbagai bentuk, tergantung guru dalam memilih metode penilaian dan pengukuran.


Soal UTS/PTS kelas 1 semester 2 tematik berikut ini meliputi materi kelas 1 tema 5 subtema 1 dan subtema 2, tema 5 subtema 3 dan subtema 4. serta tema 6 subtema 3 dan subtema 4.

Kisi-Kisi Soal UTS/PTS Kelas 1 Semester 2


Kisi-kisi adalah format atau matriks yang memuat kriteria tentang soal-soal yang akan disusun oleh guru. Kisi-kisi juga bisa diartikan sebagai test blue-print atau table of specification yaitu deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan dalam tes.

Sebelum menyusun soal, guru perlu terlebih dahulu menyusun kisi-kisi soal, agar dalam penyusunan dan perakitan soal penilaian tengah semester (PTS) dapat tepat dan terarah sesuai tujuan penilaian yang telah dirumuskan.

Sehingga kisi-kisi ini sama pentingnya dengan bentuk soal itu sendiri. Selain memuat kriteria tentang soal-soal, kisi-kisi soal juga memuat bobot soal dan skor nilai yang diperoleh melalui jawaban yang benar.

Download Soal UTS PTS Kelas 1 Semester 2 Terbaru


  • Soal UTS/PTS Kelas 1 Semester 2 Tema 5 Subtema 1 dan 2 Unduh
  • Contoh Soal UTS/PTS Kelas 1 Semester 2 Tema 5 Subtema 3 dan 4 Unduh
  • Soal UTS/PTS Kelas 1 Semester 2 Tema 6 Subtema 3 dan 4 Unduh

Download Soal UTS PTS Semester 2 SD/MI Lainnya

Selain soal UTS/PTS Kelas 1 Semester 2 (genap) diatas, Bapak/Ibu juga dapat mengunduh soal Penilaian Tengah Semester/Ujian Tengah Semester genap jenjang SD/MI lainnya melalui tautan berikut ini:


Silahkan unduh soal-soal Penilaian Tengah Semester (UTS/PTS) diatas yang dapat diubah dan disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah artikel terkait Soal UTS/PTS Kelas 1 Semester 2 Tematik K13 terbaru, semoga dapat memberikan manfaat bagi Bapak/Ibu guru Kelas SD/MI