Contoh SK Operator Emis Madrasah Terbaru 2022

Contoh SK Operator Emis 4.0 Terbaru 2022 dipergunakan untuk landasan kerja pengelola data madrasah untuk mengelola data lembaga atau satuan pendidikan madrasah pada laman Emis Madrasah.

Data dan informasi merupakan aset dan sumber daya yang sangat penting bagi suatu organisasi. Oleh karena itu, untuk mewujudkan data dan informasi yang berkualitas maka data dan informasi harus dikelola secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, terintegrasi dan berkesinambungan.

Pentingnya peran data dan informasi Pendis dalam menentukan arah kebijakan pembangunan pendidikan Islam, Ditjen Pendis berupaya untuk mengembangkan sistem pengelolaan data pendidikan Islam yang dikenal dengan Education Management Information System (EMIS) Terbaru 2022.

Hal ini dimaksudkan agar Ditjen Pendis memiliki satu sumber data yang dapat dijadikan sebagai referensi (rujukan) utama bagi para stakeholder yang membutuhkan data dan informasi pendidikan Islam yang lengkap, akurat dan tepat waktu.

Dalam perkembangannya, kebutuhan data dan informasi pendidikan Islam semakin bertambah dan meluas, sehingga saat ini hampir setiap unit kerja di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam mengembangkan sistem manajemen data secara mandiri.

Pengembangan sistem manajemen data di masing-masing unit kerja tersebut selayaknya tetap mengacu pada satu data referensi yang sama, yaitu Emis Madrasah, sehingga memudahkan dalam melakukan tata kelola dan integrasi data pendidikan Islam.



Namun sampai saat ini, pengembangan sistem manajemen data di masing-masing unit kerja masih bersifat parsial dan sporadis sehingga berakibat terjadinya tumpang tindih proses pendataan yang harus dilakukan oleh sumber data di daerah, baik untuk entitas satuan pendidikan, peserta didik maupun pendidik dan tenaga kependidikan.

Contoh SK Operator Emis 4.0 Terbaru 2021

Untuk lebih memaksimalkan pengelolaan data dan sistem informasi di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam, maka perlu disusun suatu acuan agar pengelolaan data dan pengembangan sistem informasi Pendidikan Islam dapat dilakukan secara terintegrasi.

Tugas Operator Madrasah (Tingkat Satuan Pendidikan)


  • Melakukan pengisian dan pengiriman data pokok melalui aplikasi pendataan Emis;
  • Melakukan pemutakhiran data Emissecara berkala sekurangkurangnya 1 (satu) kali dalam satu semester;
  • Memeriksa dampak data yang telah diisikan pada aplikasi Emis di sejumlah sistem informasi lain di lingkungan Direktorat Jenderal, Kementerian dan Kementerian/Lembaga mitra lainnya;
  • Menjamin kelengkapan, kebenaran dan kemutakhiran data yang dikirimkan;
  • Memaksimalkan pemanfaatan data Emis untuk mendukung perencanaan dan pelaksanaan program kerja di lingkup satuan pendidikan masing-masing;
  • Mengalokasikan anggaran untuk mendukung kebutuhan operasional pendataan di satuan pendidikan masing-masing;
  • Menyediakan dan memelihara sarana pendataan di satuan pendidikan masing-masing; dan
  • Menunjuk paling sedikit 1 (satu) orang tenaga operator data Emis tingkat satuan pendidikan yang bertugas untuk melakukan pengisian dan pengiriman data melalui aplikasi Emis.

Persyaratan Minimum Tenaga pengelola data (Operator Emis)


Tenaga pengelola data Emis yang ditunjuk baik di tingkat Direktorat Jenderal, Direktorat, Kanwil Provinsi, Kankemenag Kabupaten/Kota, Kopertais maupun satuan pendidikan berstatus sebagai pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pegawai yang diangkat secara sah sesuai ketentuan perundang-undangan, dengan kualifikasi dan kompetensi minimum sebagai berikut:
  • Memiliki kemampuan teknis yang memadai di dalam mengoperasikan aplikasi komputer (seperti: MS Excel, Browser, dll) dan pengelolaan database;
  • Memiliki kemampuan untuk memahami alur pendataan dan teknis pengisian data; dan
  • Memiliki komitmen, dedikasi dan etos kerja dalam melaksanakan tugas-tugas pendataan.

Download Contoh SK Operator Madrasah MI MTs dan MA Terbaru


Bapak/Ibu Operator Madrasah, berikut adalah Contoh SK Operator Emis Terbaru untuk mengelola data dan sistem informasi Pendidikan Islam di laman Emis Madrasah yang dapat diunduh pada tautan berikut ini: Contoh SK Operator Emis Terbaru.

Demikianlah informasi tentang Contoh SK Operator Emis Terbaru, semoga dapat memberikan guna dan manfaat.