Permasalahan dan Solusi UNBK

Dalam pelaksanaan UNBK tidak lepas dari yang namanya permasalahan, baik permasalahan yang bersifat teknis maupun nonteknis. Untuk itu, Proktor, Teknisi, Kepala Madrasah/Sekolah haruslah menjadi sebuah team work yang senantiasa saling bekerjasama untuk mensukseskan pelaksanaan UNBK di satuan pendidikan masing-masing.

Masalah dan Solusi UNBK

Sobat Kami Madrasah berikut adalah permasalahan-permasalahan yang mungkin terjadi baik dalam sebelum pelaksanaan yakni saat proses sinkronisasi maupun pada saat pelaksanaan ujian sedang berlangsung. Maka perlu kiranya semua pihak, tidak hanya proktor dan teknisi tetapi juga Kepala Sekolah/Madrasah dan guru-guru pada satuan pendidikan memahami tentang permasalahan tersebut. Karena pada dasarnya jabatan adalah diatas kertas, tetapi pada saat pelaksanaan semua pihak adalah team work yang saling mendukung satu sama lain.

Daftar Permasalahan dan Solusi UNBK


1. Status STANDBY-ID Server tidak sesuai dengan server yang terdaftar

ID server pernah digunakan oleh komputer lainnya, silahkan request reset SN di web unbk.kemdikbud.go.id

2. Status STANDBY-Akses ke server pusat masih ditutup

Siap untuk melakukan sinkronisasi, waktu pembukaan akan diinfokan melalui web unbk.kemdikbud.go.id atau melakukan submit dengan interval waktu tertentu hingga AKTIF

3. Status OFFLINE-Tidak ada koneksi internet

Silahkan cek konfigurasi Network pada Vitual Box, pastikan NIC 1 adalah bridge dan NIC 2 adalah NAT

4. Status OFFLINE-ID Server tidak sama dengan pusat

cek penulisan ID Server

5. Gagal Sinkronisasi

Restart CBTSync, klik tab Status dan klik tombol submit hingga muncul status AKTIF, kemudian klik tab status download dan klik tombol refresh status serta klik tombol sinkronisasi

6. Muncul notifikasi lisensi tidak valid pada CBTSync

Pastikan waktu di VM sama dengan waktu seharusnya, basis waktu yang digunakan adalah WIB

7. Mengapa token tidak mau muncul, padahal CBT SYNC sudah posisi Aktif

Silahkan restart kembali CBT SYNC setelah itu masukkan kembali ID server dan tekan Submit. Lalu masuk ke tab status tes, dan tekan Rilis Toke

8. Token tetap tidak mau muncul, CBTSync sudah Aktif dan sudah restart CBTSync?

Token tidak setiap saat dibuka aksesnya oleh server pusat, hanya waktu tertentu saja

9. Bagaimana cara Restart CBTSync ?

Tekan tombol alt + f4

10. Serial Number tidak muncul ketika membuka CBTSync

Matikan proxy atau apabila menggunakan mikrotik matikan, jadikan mikrotik sebagai router biasa

11. Status OFFLINE, tidak terdapat koneksi internet

Setelah di cek jaringan dengan mengakses via browser bisa membuka web online, proxi dan mikrotik tidak ada maka Ganti VHD dengan VHD yang fresh

12. File lisensi error

Pastikan sebelum menginstal VM, waktu di host server telah sesuai kenyataannya dan pastikan juga Zona telah sesuai.

13. Serial Number tidak Muncul?

Silahkan cek kembali
  • konfigurasi jaringan, khususnya jaringan Adaptor Bridge, sesuaikan nama device dengan nama device yang menggunakan IP dengan segmen 0 atau alamat lokal
  • Pasang kabel LAN dan terpasang pada HUB yang menyala
  • Jalankan UNBK Starter dan pastikan muncul tanda titik (....)

14. mLisensi tidak Valid
  • Samakan waktu di Host dengan waktu yang seharusnya
  • Replace file cbt license pada folder diatas CBTSync dengan file yang diambil melalui web unbk
  • Pastikan fitur sharing sudah aktif

15. Berapa IP Address untuk Host Server

192.168.0.199

16. Berapa IP Address untuk computer klien

192.168.0.XXX, XXX diisi 1 s.d. 198 dan 201 s.d. 254

17. Apakah harus menggunakan OS 64 bit

Bebas, bisa menggunakan 32 atau 64 Bit namun jangan lupa setting Xambro jika menggunakan OS 32 Bit

18. Apa saja OS yang bisa dipakai sebagai computer klien?

Untuk windows, mulai dari XP hingga Windows 10, namun untuk XP harus menginstall net 3.5

19. Bagaimana cara reset login peserta tes?

Tekan tab reset login peserta tes, lalu tekan refresh peserta, lalu tekan reset login, hingga muncul notifikasi, bahwa peserta berhasil di reset

20. Siswa gagal melaksanakan tes

Siswa lapor kepada proktor dan proktor melakukan reset login peserta

21. Tombol Play listening pada mata pelajaran Bahasa Inggris tidak muncul

Tekan tombol f5, jika masih tidak bisa maka install ulang Chrome dengan yang terbaru, minimal versi 39

22. Ada waktu yang hilang jika terjadi kegagalan ujian

Tidak ada waktu yang dikurangi, siswa waktu akan sama dengan sisa waktu yang masih dimiliki siswa

23. Maaf, tidak ada tes yang valid, Silahkan hubungi Admin tes

Siswa telah selesai mengerjakan tes, sehingga tidak bisa mengerjakan soal ujian yang selesai dikerjakan meskipun masih ada sisa waktu

24. Apakah bisa melaksanakan ujian dengan mata pelajaran yang berbeda dalam satu server pada saat bersamaan?

Tiap sesi hanya boleh satu mata pelajaran saja

25. Cara setting shared Folder
  • Klik menu device, shared clipboard, pilih bidirectional
  • Klik menu device, drag and drop, pilih bidirectional
  • Shared folder > setting shared
  • Klik logo folder dan Plus
  • Pilih other, klik tempat penyimpanan>save
  • Pilih network>vboxsvr
26. Apakah boleh mengkopi file VHD yang telah dipakai?

Tidak, pastikan melakukan backup file VHD sebelum dipakai pada Virtual Box

27. Pada saat create VM versi operating sistem tidak muncul WINDOWS 2012 (64bit)
  • Cek hardware yang dipakai apakah 64 bit, 
  • Cek OS di komputer server localhost menggunakan 64 Bit, 
  • Cek BIOs pada configuration processor atau Security, aktifkan menu virtualization

28. Mengapa tidak bisa setting network di adapter lain?

Shutdown terlebih dahulu VM, sebelum start VM kembali, didahului dengan mensetting Jaringan, untuk adapter 1 dan 2. Jadi menambah dan setting adapter tidak bisa dilakukan pada saat sistem VM dalam kondisi berjalan. Proses setting ketika VM sedang berjalan akan mengakibatkan VM Crash

29. Bagaimana cara me-shutdown VM yang benar?

Klik kanan pada logo windows didalam VM, klik Shutdown or sign out, klik shutdown, unplanned. tunggu hingga VM mati

30. Cara mengkopi file Xambro ke Komputer Klien

Silahkan kopi folder Xambro ke komputer klien yang bisa diambil pada folder prerequisite dibagian data pendukung di web unbk.kemdikbud.go.id

31. Warna tulisan RUN pada Xambro berwarna Abu-abu
  • Pastikan hanya ada 1 server saja,
  • Koneksi komputer klien hanya menggunakan LAN saja - disable/matikan adapter jaringan lainnya,
  • Serta matikan firewall windows dan antivirus pada host,
  • Jangan lupa settingan lokasi chrome disesuaikan

32. Aplikasi XAMBRO pada semua klien berwarna abu-abu

Silahkan cek setting jaringan pada Virtual Box, pastikan NIC 1 adalah bridge dan NIC 2 adalah NAT

33. Xambro muncul 402

Buka Task Manager dan pilih Chrome.exe, klik kanan dan klik end task, baru buka kembali Xambro, pastikan Xambro yang digunakan yang terbaru. file terdapat pada file pendukung UNBK, di web ini

34. Cara setting lokasi Chrome

Silahkan klik kanan pada aplikasi chrome dan klik Properties, kopi alamat pada target dan hilangkan tanda kutip dua, di awal dan di akhir, contoh C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application\chrome.exe

35. Password Xambro

defaultnya 12345

36. Xambro muncul 402

Pastikan settingan Network pada server, adapter 1 adalah bridge dan tipenya harus disesuaikan dengan LAN yang akan diakses klien, 2. Tutup Xambro dan chrome, 3. buka kembali Xambro

37. Ketika menginstal Xambro muncul peringatan error

Perhatikan Kemungkinan yang terjadi
  • Net framework dibawah 3.5 solusinya instal .net framework (kami sudah sediakan di folder prerequisite)
  • File yang di copy ke client kurang dari 3 file (exambrowser.exe, exambrowser.exe.config,  gma.useractivitymonitor, dll). Apabila paste file extension ke desktop jangan lupa paste shortcut
  • Chrome.exe yang terinstall tidak terinstall ke program files, cara mengeceknya adalah buka run command dengan cara menekan windows+R lalu tulis di textboxnya dengan chrome.exe lalu tekan ok.

38. Menjalankan Xambro namun tidak full screen ?

Sebelum menjalankan xambro, tutup terlebih dahulu browser yang ingin dipakai di xambro, misalnya chrome maka tutuplah chrome terlebih dahulu (jangan hanya di minimize) lalu tekan RUN di Xambro. Sedangakan Untuk browser yang pada saat di buka namun layarnya ti dak Maksimal (bukan full screen) maka maximize dulu dengan menekan tombol maximize di pojok kanan atas. Setelah itu tutup browsernya dan jalankan xambronya

39. Cara keluar dari Xambro

Tekan Tombol CTRL kiri+h+c+b setelah itu alt+F4

Baca Juga:

Server UNBK Error Saat Ujian


1. Mesin server utama Rusak dan VM Rusak, Solusi:
  • Mengaktifkan ID server cadangan
  • Menggunakan Menu Transfer Respon
  • Menggunakan VHD backup sinkronisasi
  • Sinkronisasi ulang menggunakan VHD Fresh 
2. Mesin server utama rusak dan VM masih bagus, Solusi:
  • Mengaktifkan ID server cadangan
  • Menggunakan Menu Transfer Respon
  • Unlock SN (memindahkan VM ke mesin server cadangan)
3. Mesin server utama bagus dan VM Rusak, Solusi:
  • Mengaktifkan ID server cadangan
  • Menggunakan Menu Transfer Respon
  • Mengcopy VM backup di server utama (dengan syarat VM rusak ketika tes tidak sedang berlangsung)

Demikianlah informasi tentang Masalah dan Solusi UNBK, Semoga bermanfaat untuk kelancaran serta suksesnya Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun Pelajaran 2019. Prestasi Penting, Jujur yang Utama.