Masalah dan Solusi Emis Madrasah Online 2017/2018

Kami Madrasah - Pendataan Emis Madrasah pada tahun 2017/2018 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jika ditahun sebelumnya pendataan emis madrasah selalu menggunakan paduan Form excel dan aplikasi dekstop. Maka untuk tahun ini,pendataan Emis Madrasah menggunakan Web Based, yang artinya pendataan dilakukan secara langsung atau dengan input data secara online.

Tentu saja, menurut kami, hal ini merupakan bentuk perkembangan yang bagus bagi dunia pendidikan Madrasah di indonesia, serta memperlihatkan keinginan yang kuat dari Dirjen Pendis untuk menjalankan program Triple Quick Wins. semoga saja, kedepan akan lebih baik untuk madrasah yang lebih baik, Amin.

Masalah dan Solusi Emis Madrasah Online

Baiklah, berikut telah kami rangkum beberapa permasalahan serta solusi dalam pengerjaan Emis Madrasah Online Tahun Pelajaran 2017/2018, hal ini berangkat dari pengalaman pribadi kami, saat menjalankan tugas sebagai operator yakni input data disebuah Madrasah kecil dipelosok desa.

Tentu saja, solusi kami belum tentu 100% tepat, namun perlu dicoba untuk mengatasi permasalahan yang sobat operator madrasah sedang hadapi.

Masalah dan Solusi Emis Madrasah Online 2017/2018

1. Tidak Bisa Simpan (Save) Data

Masalah ini terjadi karena beberapa kemungkinan, antara lain;
  • Teks yang kita isikan pada salah satu kolom isian terlalu panjang, sehingga sistem tidak menerima, karena dalam pembuatan database dengan basic PHP Myadmin, tiap kolom isian memiliki batas huruf yang harus diisikan. Contoh; saat mengisi nama wali kelas, sedangkan nama wali kelas jika kita tulis menjadi sangat panjang. Solusi: Singkat nama Wali kelas/teks yang kita masukkan.
  • Masih ada isian yang kosong atau belum kita isi. Solusi: Isi terlebih dahulu, karena ada beberapa isian dalam Emis Madrasah yang wajib di isi.
  • Koneksi Jaringan tidak stabil. Solusi: Pakai koneksi jaringan internet yang kuat dan stabil.

2. Tidak Bisa Mutasi Masuk

Permasalahan ini terjadi karena beberapa sebab, yaitu:
  • Siswa tersebut belum dimutasi pada database siswa disekolah/madrasah asal. Solusi: Pastikan siswa tersebut benar-benar telah dimutasi/dikeluarkan oleh sekolah asal.
  • Penginputan NIS lokal. Jika poin 1 telah dilakukan namun tetap saja gagal, maka dalam penginputan NIS lokal menggunakan NIS lokal saat siswa tersebut di sekolah asal.

3. Tidak Bisa Login

Dalam kasus ini, terlebih dahulu harus dipastikan bahwa url, email, dan password sudah benar. Jika masih gagal login, maka sobat perlu memperhatikan dan melakukan langkah-langkah berikut;
  • Belum waktunya masuk jadwal pendataan di wilayah sobat, maka sobat harus sabar menungg
  • Hapus history dan cache di browser dengan langkah berikut: (1) Mozila Firefox : klik Markah riwayat di pojok kanan atas >> Riwayat >> Bersihkan Riwayat Terakhir >> Klik Semuanya >> Klik Bersihkan Sekarang. (2) Google Chrome : klik tanda titik tiga di pojok kanan atas (Sesuaikan dan control google chrome >> Riwayat >> Hapus Data Browsing >> Centang seluruhya >> Hapus.
  • Langkah terakhir jika langkah diatas  tidak berhasil, silahkan  login dengan menghapus Hypertext Transfer Protocol /HTTP, sehingga https://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/ menjadi emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/.
Demikianlah beberapa permasalahan dan solusi tentang Emis Madrasah online,semoga membantu, jika sobat Kami Madrasah memiliki kritik saran serta revisi untuk permasalahan dan solusi diatas,silahkan tinggalkan pada kolom komentar. Terima kasih.
Kami_Madrasah

11 komentar

Bagaimana cara mengembalikan siswa Yang terlanjur dimutasi?

kalau tidak bisa mutasi keluar itu kenapa ya?

lalu, bagaimana mengatasi siswa aktif tapi status akhirnya "lulus" sehingga di dasboard lembaga saya jumlah siswa aktif sama dengan siswa lulus..

bagaimana mengatasi imput data siswa pindahan sudah diisi NISM dan NIKnya .disimpan siswa tdk terdaftar

Konsultasikan dengan OP.Kab/Kota untuk di masukkan.

Bagaimana cara mengembalikan siswa yang terhapus karena sebelumnya ganda?katanya jika dimutasi,setelah cleansing akan hilang semua?

Cara mengisi kolom Ruangan minta nomor data tapi tidak bisa diisi

Harun Arrosyid: mungkin yg bapak maksud kode ruangan pada template? karena kode itu memang tidak boleh di rubah.

salah memasukkan nis lokal. bagaimana mengatasinya?

Untuk kolom nomer telepon di bagian identitas lembaga kok tidak bisa diisi ya?

Hasan Bendrat: Coba Logout dlu, kemudian login lg. Jika masih terjadi, coba update ulang aplikasi.